Posyandu Balita : Mahasiswa MMD UB berkolaborasi dengan Ibu PKK dalam Meningkatkan Kesehatan dan Pertumbuhan Balita di Desa Tumpakrejo

  • Aug 16, 2023
  • TUMPAKREJO.KALIPARE

Dalam upaya meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan anak-anak balita di Desa Tumpakrejo, Puskesmas Kecamatan Kalipare bekerja sama dengan Ibu PKK Desa Tumpakrejo telah menggelar kegiatan Posyandu Balita. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan, gizi, serta edukasi kepada balita dan orangtua mereka, dalam rangka menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas di masa depan.

Kegiatan Posyandu Balita ini berlangsung pada tanggal 18 Agustus 2023 di Balai Desa Tumpakrejo mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh para ibu balita, ibu-ibu PKK, tim medis dari pihak Desa Tumpakrejo, serta kelompok 5 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) dari Universitas Brawijaya sejumlah 9 orang. Kegiatan Posyandu Balita ini bertempat di Pos Posyandu Bougenville yang merupakan salah satu rumah warga Desa Tumpakrejo

Berikut adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Posyandu Balita:

  1. Pemeriksaan Kesehatan Balita
    Tim medis dari Puskesmas Kecamatan Kalipare melakukan pemeriksaan kesehatan bagi balita yang hadir. Ini meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, serta pemeriksaan status imunisasi. Hasil pemeriksaan akan digunakan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita.
  2. Penyuluhan Gizi
    Para tenaga medis memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu balita tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang baik bagi pertumbuhan anak. Mereka juga diberikan informasi mengenai makanan yang sehat dan bergizi untuk balita.
  3. Kegiatan Edukatif
    Ibu-ibu PKK Desa Tumpakrejo berkolaborasi dalam menyediakan kegiatan edukatif, seperti cerita anak, permainan interaktif, dan pemberian makanan bergizi. Tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak balita.

Dalam sambutannya, Ketua PKK Desa Tumpakrejo, Ibu Winarmi, menyatakan, "Kami sangat antusias berkolaborasi dalam kegiatan Posyandu Balita ini yang telah dibantu oleh Mahasiswa Membangun Desa sehingga menjadikan generasi muda adalah masa depan desa kita, dan kami ingin memberikan dukungan penuh untuk memastikan mereka tumbuh sehat dan cerdas."

Kegiatan Posyandu Balita dengan kolaborasi Ibu PKK dan Mahasiswa Membangun Desa (MMD) ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kesehatan dan pertumbuhan generasi muda Desa Tumpakrejo. Pemerintah desa dan Puskesmas Kecamatan Kalipare bersama-sama berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

 

#MMDUB
#MMDUBKELOMPOK5
#MMDUB2023
#KISAHKASIHDITUMPAKREJO
#UNIVERSITASBRAWIJAYA